Website Branding – Para pemilik bisnis online atau toko online, tidak peduli besar maupun kecil bisnis dan brand nya , pasti butuh membuat website bisnis online untuk berinvestasi. Salah satu bentuk investasi yang menguntungkan adalah pada website, alasannya karena citra brand di dunia online sangat diperhitungkan oleh para customer.

Website Brand Awareness Bisnis Online

Grafik di atas menunjukkan bahwa website (warna hijau muda) merupakan strategi utama yang digunakan oleh perusahaan atau brand untuk melakukan promosi secara online dan membangun kehadiran brand secara online. Walaupun sekarang ini sosial media menjadi platform yang banyak digemari, dalam hal pengenalan brand, website tetaplah menduduki peringkat pertama.

Perilaku customer sudah mulai beradaptasi sesuai dengan perkembangan teknologi, dan ekspektasi mereka terhadap brand perusahaan juga turut berkembang. Dewasa ini semua informasi bisa di cari secara online dan memiliki website perusahaan berarti memastikan perusahaan anda berpotensi mudah ditemukan di dalamnya.

Jika anda masih ragu dalam memutuskan untuk membuat website atau tidak untuk bisnis online anda, coba beberapa alasan penting mengapa brand anda sebetulnya sangat membutuhkan website:

1. Mencerminkan kredibilitas brand

Di dunia serba internet seperti sekarang, merupakan hal yang umum bagi sebuah brand untuk memiliki website. Survey dari Weebly menunjukkan bahwa 56% customer tidak mempercayai brand yang tidak memiliki website.

Berdasarkan hasil tersebut, bisa dibilang memiliki website sekarang sudah bukan seputar promosi saja, tapi juga untuk membangun kepercayaan terhadap sebuah brand.

Pola Perilaku Pembeli Konsumen Online Shop Indonesia

Data di atas menunjukkan bahwa 93% pengguna online menggunakan internet untuk mencari tahu tentang bisnis tertentu. Jika ada brand atau perusahaan yang tidak memiliki official website, customer memandangnya sebagai salah satu bentuk ketidakprofesionalan.

Dengan banyaknya informasi yang tersedia untuk customer, sudah menjadi aturan tidak resmi bagi customer untuk mengecek kredibilitas bisnis online melalui website. Memiliki official website bisa dianggap seperti memiliki kartu tanda pengenal atau kartu nama bisnis yang menegaskan bahwa anda menjalankan bisnis secara serius.

2. Menghemat waktu

Menjawab pertanyaan yang sama terus menerus bisa menjadi sangat melelahkan dan membosankan. Hal yang sama juga berlaku jika harus memberikan penjelasan atau promosi tentang suatu produk melalui email, ditambah jika customer terus bertanya.

Jika memiliki website bisnis tersendiri, website bisa diisi dengan banyak informasi seperti sejarah, nilai, misi, produk, pelayanan, promosi, dan juga keterangan tentang pemilik. Anda juga bisa menambahkan kolom FAQ atau Frequently Asked Question yang bisa dikunjungi kapan pun dan menghemat usaha untuk menjawab pertanyaan yang sama terus menerus.

Website juga bisa dibuat lebih interaktif supaya dapat lebih baik mempromosikan brand. Dibandingkan menulis semuanya secara detail dalam bentuk teks, anda bisa membuat teaser material dan mengarahkan customer ke website untuk melihat lebih jauh seputar produk yang dimaksud.

3. Cara untuk terhubung dengan customer

Website haruslah mengandung semua informasi seputar kontak dan company profile yang bisa memudahkan customer untuk menghubungi bisnis anda. Customer juga sering kali sengaja melakukan double-check antara informasi yang mereka punya dengan informasi yang tertera di website untuk memastikan mereka memiliki informasi alamat email atau nomor telepon yang benar.

Pelayanan customer adalah poin penting dalam meningkatkan loyalitas brand. Memberikan fitur chat pada website juga bisa menjadi cara untuk memberi tahu customer bahwa bisnis online anda selalu terbuka untuk menerima segala pertanyaan dan permintaan dari customer.

Fitur chat ini juga bisa mendorong ke arah komunikasi dua arah dengan customer.

4. Hemat biaya

Jaman dulu, merupakan hal biasa bagi perusahaan besar untuk memiliki tim tertentu yang bertugas untuk mengelola website. Karena biaya untuk merekrut tim ini tidaklah murah, hanya perusahaan besar yang memiliki banyak budget yang bisa mengambil keuntungan dari dunia internet.

Tapi sekarang, merekrut jasa pembuatan website di luar perusahaan sangatlah murah dan lebih efektif. Penyedia jasa ini biasanya bisa mengarahkan mulai dari perencanaan, cara membuat website, sampai launching website dan memastikan website bisa dengan baik mencerminkan citra perusahaan yang ingin ditampilkan.

Keuntungan dari memiliki website adalah menyetarakan area persaingan antar perusahaan, baik beasr maupun kecil. Jika anda paham cara memanfaatkan SEO tool dan berbagai metodenya, anda bisa menang bersaing dengan kompetitor anda di dunia online.

Tidak perlu harus menjadi ahli IT untuk bisa membangun website. Yang terpenting adalah anda memahami dengan baik bisnis online anda dan memiliki visi dan gambaran yang jelas seputar strategi branding yang ingin anda lakukan, sisanya bisa dikerjakan oleh para web developer dan designer yang sudah anda rekrut.

5. Membantu mengumpulkan data dan feedback dari customer

Data customer merupakan komoditas penting dan berharga di dunia online. Dengan website, anda bisa mengumpulkan informasi data pribadi dari customer secara legal dan aman. Sebagai gantinya, anda bisa memberikan souvenir atau bonus untuk mendorong costumer mau secara sukarela memberikan detail kontak mereka.

Website anda bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daftar target pasar bisnis anda. Menempatkan formulir pada kolom “Contact Us” atau “Hubungi Kami”, di mana customer bisa mengisinya dengan detail kontak mereka bisa menjadi metode yang efektif untuk menambah daftar klien potensial anda.

Feedback dari costumer juga merupakan hal penting dalam melakukan digital branding yang sukses. Mendorong customer untuk meninggalkan komen berupa kritik dan saran tentang bisnis online anda bisa membantu anda memahami apa keinginan customer.

6. Menarik customer

Sebuah website akan tersedia selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Website akan selalu on dan siap untuk mempromosikan brand anda sekalipun pada waktu anda sedang tidur.

Semua orang dengan akses internet bisa melihat website anda, tidak peduli waktu dan lokasinya. Dengan website, menjangkau customer skala global pun bukan hal yang tidak mungkin lagi.

Penjualan online diharapkan akan terus meningkat di tahun yang akan datang. Memiliki website bisa memastikan anda memiliki kesempatan untuk ambil bagian dalam trend ini.

Brand Discovery Bisnis Online

Yang menarik adalah, dari data di atas memperlihatkan bahwa konsumen berpotensi menemukan sebuah brand dari melakukan pencarian di search engine, atau mungkin kita sudah familiar dengan google. Dengan memiliki website, anda berpotensi semakin mudah ditemukan orang dengan mesin pencari.

Dengan website e-commerce, anda tidak harus selalu dalam keadaan bangun untuk bisa menghasilkan uang. Anda hanya perlu mem-posting produk yang anda jual, menjalankan promosi, dan menunggu uang masuk. Anda bisa menunggu dan besantai sementara website akan meng-handle semua transaksi untuk anda.

7. Menyediakan lahan iklan dengan harga terjangkau

Ingin memiliki papan billboard milik anda sendiri? Website bisa digunakan untuk mempromosikan apapun yang anda inginkan dengan cara sekreatif mungkin.

Anda bisa menghias landing page website anda dengan mem-posting video penjelasan, memasukkan mini-game yang bisa mendorong partisipasi customer, atau membuat storytelling interaktif yang bisa memberikan penjelasan seputar sejarah brand anda.

Anda benar-benar bisa melakukan apapun yang anda inginkan dan memanfaatkan lahan iklan online anda semaksimal mungkin.

8. Menunjukkan cara kerja brand bisnis online anda

Para customer biasanya menganggap teknik promosi brand anda secara online juga adalah cara kerja bisnis anda secara keseluruhan. Website yang buruk bisa memberikan gambaran bahwa bisnis online anda memiliki pelayanan yang buruk.

Informasi Website Branding Strategy

Memastikan website bisnis anda memiliki visual yang menarik dan tetap responsif walaupun dibuka dari perangkat apapun bisa meningkatkan reputasi bisnis online anda di mata customer. Mencapai hal seperti ini adalah hal yang mudah jika anda menggunakan jasa spesialis website profesional untuk membuat dan mengelola website anda.

9. Mungkin hanya bisnis anda yang tidak memiliki website

Semua bisnis online yang anda tahu, termasuk kompetitor anda, kemungkinan besar sudah memiliki website. Bahkan para wirausahawan kecil sudah banyak yang memiliki website untuk mempromosikan bisnis mereka kepada dunia luar.

Chanel Digital Marketing brand Pencarian

Di masa di mana dunia online menjadi medan perang baru seperti sekarang ini, akan sangat disayangkan jika anda hanya menjadi penonton saja tanpa ikut bersaing. Customer yang menajdi target pasar anda akan berselancar di internet 24 jam setiap harinya dan anda akan sangat rugi jika mereka tidak bisa menemukan bisnis anda di dalamnya.

Membangun Website Brand Anda

Memiliki website bisa memberikan kesan penguasaan yang baik di bidang bisnis online anda. Itu menunjukkan bahwa anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap produk dan pelayanan anda, dan anda juga bangga untuk mengenalkannya kepada dunia.

Selain itu, berinvestasi untuk membuat dan melakukan optimasi website akan lebih menguntungkan dibandingkan bentuk investasi lain dari segi digital marketing. Karena itulah membuat website yang baik haruslah menjadi prioritas utama dalam membangun aset brand anda.

 

 

Kelana Bayu Aji

Kelana Bayu Aji

Konsultan Digital Marketing & Brand

About Me

Seorang praktisi digital marketing & owner Agensi Digital Marketing. Membangun Brand klien dengan pendekatan digital marketing. More »

Contact Me

Artikel Terbaru :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp